Selasa, 12 Agustus 2008

Beberapa nama dan sifat Al-Qur'an

Nama; Al-Qur'an. Bacaan. Alqur'an senantiasa dibaca dan dijadikan sesuatu yang pembacaannya sangat dianjurkan. Kalau dilakukan sensus diseluruh permukaan bumi ini, niscaya bacaan yang paling banyak dibaca dapat dipastikan, alqur'an. Maka apabila malam tiba, madinah berdengung seperti ada ribuaan lebah terbang dikarenakan bacaan para sahabat menghiasi rumah-rumah mereka ridwanullohu ajmain. Sampai Rasulullah kemalaman pulang karena tertahan oleh bacaan merdu Abu Musa al Asyar'i.

Al-Furqan, pembeda/pemisah. Dengan alqur'an, terpisahlah kelompok manusia menjadi muwwahid dan mussyarik, muwhidin dan musyrikin. Pertarungan tak terelakan ratusan bahkan ribuan tahun tak berkesudahan. Yang satu dengan semangat ingin menyelamatkan dan berbagi, yang lainnya karena salah sangka dan tak mau , tak tahu dan tak mau tahu.

At-Tanzil, Yang diturunkan,kenapa proses nuzulnya alqur'an mendapatkan porsi perhatian yang sedemikian besar sehingga dijadikan alias untuk alqur'an itu sendiri. Nuzul adalah sesuatu yang luarbiasa dimana perkataan Allah pencipta jagat raya turun, dapat didengar dan diucapkan ulang oleh makhluk yang bernama manusia. Ada yang turun seperti bunyi lonceng yang gemerincing sehingga rasulullah bercucuran keringatnya bahkan di saat cuaca dingin menusuk tulang.

adz-dzikra, al kitab dll (bersambung)

sifat; nur (cahaya), hudan (petunjuk), rahmat, syifa' (obat), mau'izhah (nasihat), 'aziz (mulia), mubarak (yang diberkahi), basyir (pembawa khabar baik), nadzir (pembawa khabar buruk) dan sifat-sifat lain yang menunjukkan kebesaran dan kesuciannya.



Tidak ada komentar: